Infolink

Thursday 3 December 2015

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA



PENGERTIAN
Persaingan sempurna adalah struktur pasar yang paling ideal karena sistem pasar persaingan sempurna menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya. Oleh karena itu, secara sederhana Pasar Persaingan Sempurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual ataupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.

CIRI-CIRI ATAU PUN KARAKTERISTIK PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
1.        Perusahaan adalah Pengambil Harga
Pengambil harga atau price taker berarti suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar. Sehingga perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.

2.        Perusahaan memiliki kebebasan masuk atau keluar dari pasar
Contohnya adalah ketika perusahaan mengalami kerugian dan perusahaan ingin meninggalkan industri tersebut, maka hal ini akan sangat mudah untuk dilakukan. Begitupun jika ada produsen yang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut, maka dapat dengan mudah masuk ke pasar. Dengan kata lain, dalam pasar persaingan sempurna faktor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikelurkan untuk memindahkan faktor produksi.

3.        Menghasilkan Barang Serupa (homogen)
Tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya. Istilah barang tersebut adalah barang identicial atau homogenous.
4.             Terdapat Banyak Perusahaan di Pasar
Oleh karena jumlah perusahaah sangat banyak di pasar, sehingga perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga dan masing-masing perusahaan relatif kecil dibandingkan dengan keseluruhan jumlah perusahaan di dalam pasar.
5.             Setiap konsumen memiliki informasi yang sempurna mengenai pasar.
Dalam hal ini pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut.

PERMINTAAN DAN HASIL JUALAN
Terdapat 2 hal yang harus diperhatikan dalam menganalisis usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan, yaitu :
1.      Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan
2.      Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan itu

Sifat biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah bersamaan, meskipun  dalam struktur pasar manapun ia digolongkan pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, atau persaingan monopolistis.
1.             Permintaan Pasar dan Perusahaan
Seberapapun banyak barang yang diproduksi dan dijual oleh produsen tidak akan mampu mengubah harga yang ditentukan di pasar. Hal ini disebabkan karena jumlah yang diproduksikan itu hanya sebagian kecil dari jumlah yang diperjual-belikan di pasar .
2.             Hasil Penjualan Rata-Rata
Hasil penjualan rata-rata merupakan rasio antara total pendapatan dibagi dengan jumlah barang yang terjual.
3.             Hasil Penjualan Marjinal (Marjinal Revenue)
Hasil penjualan marjinal merupakan  Hasil penjualan yang sangat penting untuk diketahui dalam analisis penentuan harga dan produksi oleh suatu perusahaan (Marjinal Revenue) yaitu tambahan  hasil penjualan yang diperoleh perusahaan dari menjual satu unit lagi barang yang diproduksinya.
4.             Hasil Penjualan Total (Total Revenue)
Hasil penjualan total merupakan keseluruhan jumlah pendapatan yang diterima perusahaan dari menjual barang yang diproduksinya.

PEMAKSIMUMAN KEUNTUNGAN JANGKA PENDEK
Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menentukan pemaksimuman keuntungan oleh suatu perusahaan yaitu harus memenuhi syarat Pemaksimuman Keuntungan. Adapun syarat pemaksimuman keuntungan tersebut adalah kalau di dalam jangka pendek dapat diterangkan dengan dua cara berikut :
1.             Membandingkan Hasil penjualan total dengan biaya total
Caranya yaitu dengan menghitung dan membandingkan hasil penjualan total dengan biaya total.
2.             Menunjukan keadaaan dimana hasil penjulan marjinal sama dengan biaya marjinal
Caranya yaitu dengan menggunakan bantuan kurva atau data biaya rata-rata dan biaya marjinal

No comments:

Harry Potter - Golden Snitch

,