Infolink

Friday 28 March 2014

Ilmu Makro Ekonomi

Setiap orang memiliki alasan untuk berpikir kritis tentang isu-isu makro ekonomi. Sangat penting bahwa kita berusaha untuk memahami mengapa beberapa negara tumbuh lebih cepat atau lebih lambat dari orang lain atau mengapa beberapa memiliki fluktuasi yang lebih besar dalam inflasi atau pengangguran. Keadaan makro ekonomi mempengaruhi semua orang dalam banyak hal. Hal ini memainkan peran penting dalam bidang politik, sementara juga mempengaruhi kebijakan publik dan kesejahteraan masyarakat di tingkat nasional dan global.
Bagaimana Ekonom Berpikir ?
Para ekonom menggunakan model untuk memahami apa yang terjadi di dalam perekonomian. Berikut adalah dua hal penting tentang model: variabel endogen dan variabel eksogen. Variabel endogen (endogenous variables) adalah variabel-variabel yang akan dijelaskan sebuah model. Variabel eksogen (exogenous variables) adalah variabel-variabel yang nilainya ditentukan di luar model. Dengan kata lain, variabel endogen ditentukan dalam model dan merupakan output model, sedangkan variabel eksogen berasal dari luar model dan bertindak sebagai input model.
Model Permintaan Dan Penawaran
Model ini adalah model ekonomi yang paling terkenal. Ini menggambarkan hubungan antara pembeli dan penjual di pasar. Titik persimpangannya disebut titik keseimbangan (ekuilibrium). Dapat terlihat pada Gambar 1.1. berikut ini :
Dasar-Dasar Kliring Pasar (market clearing)
Kliring Pasar (market clearing) adalah suatu proses dimana keputusan antara penawaran dan permintaan mencapai titik keseimbangan (ekuilibrium). Berikut ini adalah cara kerjanya : bahwa kurva permintaan miring ke bawah yang berarti harga meningkat (dengan bergerak sepanjang kurva permintaan), kuantitas yang diminta menurun.  Sebaliknya, kurva penawaran miring ke atas menyiratkan bahwa kenaikan harga (dengan bergerak sepanjang kurva penawaran), jumlah yang ditawarkan akan meningkat. Ini dapat terlihat pada Gambar 1.2. dibawah ini.
Titik pusat A adalah di mana keputusan pasar mencapai ekuilibrium. Apabila ada peningkatan permintaan maka permintaan akan bergeser dari D ke D’.
Dasar-Dasar Penawaran dan Permintaan
PERGESERAN DALAM PERMINTAAN: Misalkan pendapatan Anda naik? Permintaan Anda untuk produk juga akan meningkat.  Ini dapat terlihat pada Gambar 1.3. kurva permintaan dari D ke D '. Hasilnya baik harga dan kuantitas lebih tinggi.
PERGESERAN DALAM PENAWARAN: Penurunan harga bahan meningkatkan pasokan pizza pada suatu harga tertentu, pizzeria menemukan bahwa penjualan pizza yang lebih menguntungkan, dan dengan demikian pasokan meningkat pizza. Ini dapat terlihat pada Gambar 1.4. kurva penawaran bergeser dari S ke S '. Hasilnya harga turun dan kuantitas naik.
Harga: Fleksibel vs Kaku
Para ekonom biasanya mengasumsikan pasar akan masuk ke keseimbangan penawaran dan permintaan, yang disebut proses kliring pasar (market clearing). Tapi, dengan asumsi bahwa kliring pasar yang berkesinambungan (countinuous) tidak sepenuhnya realistis. Agar pasar menjadi clear secara berkesinambungan, harga harus menyesuaikan langsung terhadap perubahan penawaran dan permintaan. Namun, bukti menunjukkan bahwa harga dan upah sering menyesuaikan diri dengan lambat.
Jadi, meskipun model kliring pasar mengasumsikan bahwa upah dan harga adalah fleksibel, namun di dunia nyata sebagian upah dan harga bersifat kaku (sticky). Model kliring pasar tidak mungkin menguraikan setiap instan dalam suatu perekonomian, tetapi mereka menggambarkan keseimbangan ke arah mana pergerakan ekonomi.
Penggunaan Mikro Ekonomi di dalam Makro Ekonomi
Mikro Ekonomi adalah ilmu tentang bagaimana rumah tangga dan perusahaan mengambil keputusan dan bagaimana para pengambil keputusan ini berinteraksi di pasar. Dalam mikro ekonomi, seorang individu memilih untuk memaksimalkan tingkat kepuasannya (utility) dengan batasan anggarannya. Sedangkan Makro ekonomi terjadi dari interaksi banyak individu yang berusaha untuk memaksimalkan kesejahteraan mereka sendiri yang disebabkan oleh variabel-variabel agregat. Variabel agregat adalah variabel-variabel yang menggambarkan banyak keputusan individu, maka teori makro ekonomi berdiri di atas pondasi mikro ekonomi.

Simak
Baca secara fonetik
Simak
Harry Potter - Golden Snitch

,