PENGERTIAN
Pasar Monopoli merupakan bentuk pasar yang hanya terdapat satu perusahaan yang menghasilkan barang yang tidak
mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.
CIRI-CIRI
1.
Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip
2.
Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
3.
Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
FAKTOR-FAKTOR
TIMBULNYA MONOPOLI
Adapun factor-faktor yang menyebabkan adanya monopoli:
1.
Mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak
dimiliki oleh perusahaan lain
Pemilikan suatu sumber daya yg istimewa
dan tidak dimiliki oleh orang / perusahaan lain.
2.
Dapat menikmati skala
ekonomi (economic of scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi
Monopoli wujud
dan berkembang melalui undang-undang yaitu berupa Peraturan paten dan Hak Cipta dan Hak Usaha Ekslusif
PEMAKSIMUMAN
KEUNTUNGAN DALAM MONOPOLI
Kurva hasil
penjualan total (TR), Kurva hasil penjualan rata-rata (D=AR) dan kurva hasil
penjualan marjinal (MR) dalam perusahaan monopoli berbeda dengan di perusahaan
yg berada dalam pasar persaingan sempurna. Dalam monopoli kurva permintaan
DD=AR menurun dari kiri-atas ke kanan-bawah, sehingga dampaknya MR menurun ke
bawah dan berada di bawah kurva DD dan kurva TR berbentuk U yang terbalik.
MONOPOLI DAN
DISKRIMINASI HARGA
Untuk
memaksimumkan keuntungan perusahaan monopoli dapat menjalankan kebijakan
Diskriminasi Harga.
SYARAT-SYARAT
DISKRIMINASI HARGA
Adapun syarat-syarat diskriminasi harga tersebut yaitu:
1.
Barang tidak dapat dipindahkan dari satu pasar ke pasar
lain
2.
Sifat barang atau jasa itu memungkinkan dilakukan
diskriminasi harga
3.
Sifat permintaan dan elastisitas permintaan di
masing-masing pasar haruslah berbeda
4. Kebijakan diskriminasi harga tidak memerlukan biaya yang
melebihi tambahan keuntugan yang diperoleh tersebut
5.
Produsen dapat mengeksploiter beberapa sikap tidak
rasional konsumen
CONTOH-CONTOH
KEBIJAKAN DISKRIMINASI HARGA
1.
Kebijakan
diskriminasi harga oleh perusahaan monopoli pemerintah
Perusahaan listrik negara yg membedakan tarif antara yang
dipakai kegiatan rumah tangga dengan tarif yang dipakai kegiatan perusahaan
2.
Kebijakan
diskriminasi oleh jasa-jasa profesional
Contoh kebijakan diskriminasi oleh jasa-jasa profesional antara lain: guru kursus privat dan dokter melakukan diskriminasi
harga tergantung dari keadaan ekonomi calon konsumen
3.
Kebijakan
diskriminasi harga di pasar internasional
Perusahaan membedakan antara harga yang
dijual di dalam negeri dengan harga untuk penjualan ke luar negri.
PENGENDALIAN HARGA DALAM MONOPOLI ALAMIAH, PEMAKSIMUMAN
KEUNTUNGAN DAN MONOPOLI
ALAMIAH
Monopoli
alamiah merupakan
perusahan yang terus menerus menikmati skala ekonomi
hingga pada tingkat produksi yang sangat banyak sehingga AC terus menerus turun hingga ke tingkat produksi yang
sangat tinggi.
Untuk memaksimumkan manfaat dari
kegiatan perusahaan seperti perusahaan listrik, air dan perusahaan jasa pos dan
telepon, campur tangan pemerintah sangat diperlukan untuk menjamin kegiatan
perusahaan tersebut agar dapat menguntungkan masyarakat. Dengan cara
mengendalikan dan menetapkan harga barang/jasa yang dihasilkan perusahaan
monopoli.
KEBAIKAN/KELEBIHAN PERUSAHAAN
MONOPOLI
Adapun beberapa kelebihan atau kebaikan dari pasar monopoli
yaitu:
1.
Apabila menikmati skala ekonomi, biaya produksi lebih
murah daripada firma pasarpersaingan sempurna, dan tingkat produksi lebih besar
2.
Mutu barang semakin meningkat dan harganya semakin murah
apabila perusahaan terus menerus melakukan pengembangan dan inovasi
3.
Kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan apabila
monopoli dapat terus menghasilkan barang yang lebih murah dan bermutu
KEBURUKAN
PERUSAHAAN MONOPOLI APABILA TIDAK BERKEMBANG
Selain kelebihan yang sudah di bahas tadi, pasar monopolo
juga memiliki bebrapa keburukan atau kelemehan, antranya yaitu:
1.
Harga barang lebih mahal dan tingkat produksi lebih
rendah di pasar persaingan sempurna
2.
Barang yang dihasilkan tidak banyak mengalami perubahan
No comments:
Post a Comment