Infolink

Friday, 4 December 2015

PASAR OLIGOPOLI


Oligopoli merupakan pasar barang yang terdiri hanya dari beberapa perusahaan uang mempunyai ukuran dan modal yang relatif besar, adakalanya pasar oligopoli terdiri dari dua perusahaan saja dan pasar seperti itu dinamakan duopoli. Pasar oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil perusahaan. Biasanya struktur dari industri oligopoli adalah terdapat beberapa perusahaan raksasa yang menguasai sebagian besar pasar oligopoli.
MONOPOLI MEMILIKI CIRI-CIRI Menghasilkan Barang Standar maupun Barang Berbeda Corak. Perusahaan dalam oligopoli menghasilkan barang standar (standardized product), contohnya adalah industri yang menghasilkan bahan mentah (bensin, baja, alumunium) dan industri bahan baku ( semen dan bahan bangunan, sedangkan berbeda corak pada umumnya adalah barang yang dihasilkan menjadi barang akhir contohnya industry rokok. Kekuasaan Menentukan Harga, kemungkinan lemah maupun tangguh. Kekuasaan menentukan harga lebih terbatas, jika tida ada kerjasama, tetapi kalau perusahaan dalam oligopoli bekerja sama dalam menentukan harga, maka harga dapat distabilkan pada tingkat yang mereka kehendaki.
      Penentuan Harga dan Produksi Tanpa Persepakatan. Didalam melihat pemaksimuman keuntungan dalam suatu perusahaan oligopoli, akan diperhatikan bagaimana tujuan itu akan dicapai apabila perusahaan-perusahaan tidak membuat persepakatan, Maksudnya setiap tindakan yang dilakukan perusahaan akan menimbulkan implikasi yang nyata kepada perusahaan-perusahaan lainnya.
      BENTUK-BENTUK HAMBATAN KEMASUKAN OLIGOPOLI : Terdapat jumlah perusahaan yang terbatas di dalam pasar merupakan suatu bukti nyata bahwa perusahaan-perusahaan baru adalah sangat sukar untuk masuk ke pasar oligopoli.
Faktor-faktor penting yang menyebabkan kesukaran memasuki pasar oligopoli :
1.        Skala ekonomi
Apabila suatu perusahaan oligopoli dapat menikmati skala ekonomi sehingga ke tingkat produksi yang sangat besar, ini berarti semakin banyak produksinya semakin rendah biaya produksi per unit.
2.        Perbedaan Biaya produksi
Biasanya pada setiap tingkat produksi, biaya produksi per unit yang harus dikeluarkan perusahaan yang baru adalah lebih tinggi dari yang dikeluarkan perusahaan lama.
3.        Keistimewaan Hasil Produksi
Keistimewaan yang hasil produksi yaitubBarang tersebut sudah sangat terkenal (product recognition) dan barang tersebut sangat rumit (product complexity)

PENILAIAN KE ATAS PASAR OLIGOPOLI
Dalam menilai kebaikan pasar oligopoli terdapat 3  aspek yang perlu diperhatikan,yaitu : efisensi dalam menggunakan sumber-sumber daya, perkembangan Teknologi dan Inovasi, dan keuntungan Perusahaan

EFISIENSI DALAM MENGGUNAKAN SUMBER-SUMBER DAYA
Efisensi dalam menggunakan sumber-sumber daya akan tercapai apabila  biaya marjinal (MC) = hasil penjualan marjinal (MR)= harga (P). Keadaan tersebut akan tercapai apabila tingkat harga adalah sama dengan biaya rata-rata yang paling rendah.
PERKEMBANG TEKNOLOGI DAN INOVASI
Terdapat cukup alasan bahwa pasar oligopoli merupakan struktur pasar yang paling memberikan dorongan untuk mengembangkan teknologi dan melakukan inovasi.
Dua alasan penting yang dapat digunakan, yaitu : adanya untung yang lebih dari normal dan menekankan kepada persaingan harga akan menimbulkan efek yang kurang menguntungkan kedudukan perusahaan di dalam industri.
KEBAIKAN PASAR OLIGIPOLI : Operasi firma dapat mencapai efisiensi yang tinggi dan menurunkan biaya produksi dan perusahaan selalu melakukan pengembangan dan inovasi.                                              
KELEMAHAN OLIGOPOLI : Distribusi pendapatan akan semakin tidak merata.

Buku : Sadono Sukirno, Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Edisi ke-3. PT RajaGrafindo Persada.

https://www.bestchange.com/?p=257044

Post a Comment
Harry Potter - Golden Snitch

,