Oligopoli
merupakan pasar barang yang terdiri hanya dari beberapa perusahaan uang mempunyai
ukuran dan modal yang relatif besar, adakalanya pasar oligopoli terdiri dari
dua perusahaan saja dan pasar seperti itu dinamakan duopoli.
Pasar oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil perusahaan. Biasanya
struktur dari industri oligopoli adalah terdapat beberapa perusahaan raksasa
yang menguasai sebagian besar pasar oligopoli.
MONOPOLI MEMILIKI CIRI-CIRI
Menghasilkan Barang Standar maupun
Barang Berbeda Corak. Perusahaan dalam oligopoli menghasilkan barang
standar (standardized product), contohnya adalah industri yang
menghasilkan bahan mentah (bensin, baja, alumunium) dan industri bahan baku (
semen dan bahan bangunan, sedangkan berbeda corak pada
umumnya adalah barang yang dihasilkan menjadi barang akhir contohnya industry rokok. Kekuasaan Menentukan Harga, kemungkinan
lemah maupun tangguh. Kekuasaan
menentukan harga lebih terbatas, jika tida ada kerjasama, tetapi kalau perusahaan dalam oligopoli
bekerja sama dalam menentukan harga, maka harga dapat distabilkan pada tingkat
yang mereka kehendaki.
Penentuan Harga dan Produksi Tanpa Persepakatan. Didalam melihat pemaksimuman keuntungan
dalam suatu perusahaan oligopoli, akan diperhatikan bagaimana tujuan itu akan
dicapai apabila perusahaan-perusahaan tidak membuat persepakatan, Maksudnya
setiap tindakan yang dilakukan perusahaan akan menimbulkan implikasi yang nyata
kepada perusahaan-perusahaan lainnya.
BENTUK-BENTUK HAMBATAN KEMASUKAN OLIGOPOLI : Terdapat jumlah
perusahaan yang terbatas di dalam pasar merupakan suatu bukti nyata bahwa
perusahaan-perusahaan baru adalah sangat sukar untuk masuk ke pasar oligopoli.
Faktor-faktor penting yang menyebabkan kesukaran memasuki pasar oligopoli :
1.
Skala ekonomi
Apabila suatu
perusahaan oligopoli dapat menikmati skala ekonomi sehingga ke tingkat produksi
yang sangat besar, ini berarti semakin banyak produksinya semakin rendah biaya
produksi per unit.
2.
Perbedaan Biaya
produksi
Biasanya pada
setiap tingkat produksi, biaya produksi per unit yang harus dikeluarkan
perusahaan yang baru adalah lebih tinggi dari yang dikeluarkan perusahaan lama.
3.
Keistimewaan Hasil
Produksi
Keistimewaan yang hasil produksi
yaitubBarang tersebut sudah sangat terkenal (product
recognition) dan
barang tersebut sangat rumit (product
complexity)
PENILAIAN KE ATAS PASAR OLIGOPOLI
Dalam menilai kebaikan
pasar oligopoli
terdapat 3 aspek yang perlu
diperhatikan,yaitu :
efisensi dalam menggunakan sumber-sumber daya, perkembangan
Teknologi dan Inovasi, dan keuntungan Perusahaan
EFISIENSI DALAM
MENGGUNAKAN SUMBER-SUMBER DAYA
Efisensi dalam menggunakan sumber-sumber daya akan tercapai apabila
biaya marjinal
(MC) = hasil penjualan marjinal (MR)= harga (P). Keadaan tersebut akan tercapai apabila tingkat harga adalah sama dengan
biaya rata-rata yang paling rendah.
PERKEMBANG
TEKNOLOGI DAN INOVASI
Terdapat cukup alasan bahwa pasar oligopoli merupakan struktur pasar yang
paling memberikan dorongan untuk mengembangkan teknologi dan melakukan inovasi.
Dua alasan penting yang dapat digunakan, yaitu : adanya untung yang lebih dari normal dan menekankan kepada
persaingan harga akan menimbulkan efek yang kurang menguntungkan kedudukan
perusahaan di dalam industri.
KEBAIKAN PASAR OLIGIPOLI : Operasi firma
dapat mencapai efisiensi yang tinggi dan menurunkan biaya produksi dan
perusahaan selalu melakukan pengembangan dan
inovasi.
KELEMAHAN
OLIGOPOLI : Distribusi pendapatan akan semakin tidak merata.
Buku : Sadono Sukirno, Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Edisi ke-3. PT RajaGrafindo Persada.
https://www.bestchange.com/?p=257044
Buku : Sadono Sukirno, Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Edisi ke-3. PT RajaGrafindo Persada.
https://www.bestchange.com/?p=257044
No comments:
Post a Comment