Infolink

Saturday 30 August 2014

Penetapan Tarif Retribusi Pasar Berdasarkan Pemulihan Biaya (Cost Recovery)



Menurut Makhfatih kebijakan penetapan tarif retribusi oleh pemerintah idealnya memastikan pemulihan biaya (cost recovery), dalam kondisi yang sesulit apapun. Penetapan tarif retribusi selain mempertimbangkan atas biaya, perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti daya beli masyarakat, dampak gangguan, dan lain sebagainya. Dalam praktek teori retribusi dapat dilakukan dengan tiga metode, yaitu metode  tarif dasar, kerelaan membayar dan perbandingan harga pasar.

            Menurut Makhfatih tarif retribusi merupakan perkalian tarif dasar dengan bobot kriteria. Menentukan tarif dasar dapat dilakukan dengan pendekatan biaya. Biaya merupakan segala pengeluaran yang dilakukan pemerintah untuk menyediakan objek retribusi. Biaya dapat dikelompokkan menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap merupakan biaya yang jumlah totalnya tidak dipengaruhi olehbesar kecilnya output, sedangkan biaya variabel adalah biaya yang jumlahnya berubah sesuai dengan perubahan tingkat output. Biaya total (TC) merupakan penjumlahan biaya tetap total (TFC) dan biaya variabel (TVC) atau TC=TFC+TVC. Salah satu teknik penetapan tarif dasar dengan pendekatan biaya adalah dengan menggunakan titik impas (break-even). Analisis ini digunakan untuk mengetahui volume penjualan minimum agar pemerinah tidak harus menanggung beban kerugian finansial. Pada kondisi titik impas, total penerimaan pemerintah (TR) dari retribusi sama dengan biaya total (TC) pengadaan retribusi atatau secara sistematis dapat dirumuskan sebagai berikut:

TR – TC = 0

            Jika penerimaan retribusi merupakan hasil perkalian tarif dasar (P) dengan jumlah layanan (Q) yang dimanfaarkan masyarakat atau TR = P x Q, dan biaya variabel rata-rata (b), maka kondisi titik impas dapat dirumuskan sebagai berikut:

(P x Q) – TFC – b.Q = 0

Maka tarif dasar retribusi dapat dirumuskan sebagai berikut:

P = (TFC/Q) + b

Keterangan:

TFC = biaya tetap rata-rata

P = tarif dasar

b = biaya variabel rata-rata

Q = jumlah layanan
Harry Potter - Golden Snitch

,