Infolink

Friday 21 March 2014

Persoalan Tanah Perkotaan di Indonesia

Dengan tingkat perkembangan kota yang tinggi serta kompleksitas persoalan sosial dan politisnya, Indonesia menghadapi paling tidak lima isu penting berkaitan dengan tanah perkotaan antara lain :
1. distribusi pemilikan yang tak seimbang
Adanya  distribusi pemilikan tanah yang tidak seimbang berkaitan dengan aspek keadilan sosial tanah. Sebagaimana diketahui, tanah mempunyai fungsi sosial, karena  setiap orang membutuhkan tanah. Pada saat yang sama, tanah juga mempunyai fungsi individul, dalam pengertian bahwa tanah merupakan barang privat yang dapat diperlakukan sebagai aset atau harta, atau pemilikan. Menjadi penting disini adalah bagaimana menyeimbangkan antara dua hal di atas. Yang terjadi di Indonesia tampaknya satu kecenderungan dimana penguasaan tanah oleh pribadi kurang terkontrol atau dibatasi, sehingga terjadilah akumulasi pemilikan oleh sekelompok kecil individu yang mampu. 

2. pemanfaatan tanah yang tidak efisien
tanah perkotaan di Indonesia berkaitan dengan aspek lingkungan, yakni kecenderungan inefisiensi pemanfaatan tanah di perkotaan di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan cukup banyaknya tanah-tanah terlantar di lingkungan perkotaan  yang disebabkan oleh proses spekulasi tanah dan penataan perkembangan kota yang kurang benar
 
3. kompleksitas dan tidak jelasnya status pemilikan
Situasi ini tentunya menghambat proses manajemen tanah yang lebih baik serta memicu konflik-konflik tanah perkotaan. Banyak konflik tanah perkotaan muncul karena ketidak-jelasan status tanah
 
4. spekulasi tanah yang tak terkontrol
tanah perkotaan di Indonesia berkaitan dengan spekulasi tanah yang cenderung tidak terkontrol, sehingga menghambat suplai tanah, khususnya untuk pembangunan perumahan yang terjangkau oleh masyarakat.
5. komersialisasi dan tak terkontrolnya pasar tanah.
perubahan pandangan sebagian masyarakat  di Indonesia dari yang dulunya melihat tanah sebagai fungsi ‘sosial’ menjadi tanah sebagai fungsi ‘ekonomi’ dan mencoba mendapat keuntungan semaksimal mungkin darinya. Meskipun hal ini merupakan sesuatu yang wajar, proses komersialisasi tanah yang tak terkontrol akan berakibat terjadinya persoalan keadilan sosial. 

Harry Potter - Golden Snitch

,