Infolink

Saturday 30 August 2014

Teori retribusi



Sumber pendapatan daerah yang terpenting salah satunya adalah retribusi daerah. Menurut Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (2007: 43) definisi retribusi daerah menurut Undang-undang Nomor 34 Tahun 2000 dan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2001, adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan. Retribusi merupakan harga yang dibayarkan oleh masyarakat atas pelayanan atau konsumsi barang/jasa yang secara khusus disediakan bagi masyarakat tertentu.
          Menurut Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (2007: 44) ada beberapa alasan mengapa pemerintah daerah mengenakan retribusi terhadap beberapa jenis pelayanan yang diberikan. Alasan utama pemerintah mengenakan retribusi adalah pertimbangan ekonomi. Selain itu, terdapat alasan lain pemerintah mengenakan retribusi daerah.
1.        Retribusi dapat memperbaiki alokasi sumber daya pemerintah secara signifikan.
2.        Retribusi dapat menjadi lebih adil dibandingkan dengan perpajakan dalam kondisi tertentu.
3.        Retribusi dapat membantu pemerintah daerah untuk melakukan diversifikasi sumber-sumber penerimaan daerah.   
Berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2000 tentang perubahan atas  Undang-undang Nomor 18 Tahun 1997 tentang pajak daerah dan retribusi daerah dan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah, retribusi digolongkan menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu retribusi umum, retribusi jasa usaha, dan  retribusi perizinan tertentu. Menurut Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 14 Tahun 2010  dan Peraturan Daerah Yogyakarta Nomor 3 Tahun 2009, retribusi jasa umum adalah retribusi atas jasa yang disediakan atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk tujuan kepentingan dan kemanfaatan umum serta dapat dinikmati oleh orang pribadi atau badan. Kriteria retribusi daerah yang dapat dipungut oleh daerah memiliki kriteria yang berbeda-beda untuk setiap jenis retribusi.
Harry Potter - Golden Snitch

,