Infolink

Tuesday 6 May 2014

Pengertian Pasar


Dalam ilmu ekonomi pengertian pasar tidak harus dikaitkan dengan suatu tempat yang dinamakan pasar dalam kegiatan sehari-hari. Suatu pasar dalam ilmu ekonomi adalah dimna terjadi transaksi antara penjual dan pembeli. Barang yang ditransaksikan bisa berupa barnag apapun, mulai dari beras, sayur-sayuran, sampai ke jasa nagkutan, uang dan tenaga kerja. Pada masing-masing pasar terjadi transaksi pasar untuk barang yang bersangkutan. Dan apabila terjadi suatu transaksi, maka berarti telah terjadi suatu persetujuan antara penjual dan pembeli mengenai harga transaksi dan volume transaksi bagi barnag tersebut.

Boediono (2008)  mendefinisikan pasar adalah suatu tempat dimana terjaditransaksi antara penjual dan pembeli. Barang-barang yang ditransaksikan bisa berupa barang apapun, mulai dari beras, sayur-mayur, sampai ke jasa angkutan, uang dan tenaga kerja. Sementara menutut Samuel dan Nordhaus (2003), pasar adalah sebuah mekanisme yang melalui para penjual dan pembeli berinteraksi untuk menentukan harga dan melakukan pertukaran barang dan jasa. Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam sebuah sistem pasar segala sesuatu mempunyai nilai dari barang dalam satuan uang. Harga menggambarkan kesepakatan antara orang dan perusahaan yang dengan sukarela melakukan pertukaran berbagai komoditas. Di samping itu, harga memiliki sinyal bagi produsen dan konsumen. Jika konsumen menginginkan lebih banyak suatu barang, maka harga akan naik dan ini mengirimkan suatu sinyal kepada produsen bahwa dibutuhkan lebih banyak penawaran.

Menurut peraturan Presiden Republik Indonesia No. 12 tahun 2007 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional dan ruko modern, pasar adalah tempat jual beli barnag dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plasa, maupun pusat perdagangan maupun sebutan lainnya.

Selanjutnya sukirno (2002) menyatakan bahwa dalam analisis ekonomi pengertian pasar tidak terbatas kepada suatu tempat tertentu tetapi meliputi suatu daerah, negara bahkan dunia internasional. Lebih lanjut dikatakan pula bahwa pasar dimana para penjual dan pembeli melakukan transaksi yang dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu ; pasar barang dan pasar faktor. Pasar barang adalah suatu tempat dimana para penjual dan pembeli dari suatu barang dan jasa menentukan interaksi untuk menentukan jumlah dan harga barang dan jasa yang diperjualbelikan. Sedangkan pasar faktor adalah tempat dimana tempat dimana para pengusaha (pembeli faktor-faktor produksi) mengadakan interaksi dengan pemilik-pemilik faktor-faktor untuk menentukan harga (pendapatan) dan faktor-faktor yang akan dipergunakan dalam menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa yang diminta masyarakat.

Pasar dalam arti sempit adalah tempat dimana ermintaan dan penawaran bertemu, dalam hal ini lebih condong ke arah pasar tradisional. Sedangkan dalam arti luas adalah proses transaksi antrara permintaan dan penawaran, dalam hal ini lebih condong ke arah pasar modern.

Jenis-jenis pasar dibedakan menurut bentuk kegiatan, cara transaksi dan menutut jenis barangnya. Pengertian pasar atau definisi pasar adalah tempat tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah  kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat-syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual-belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan, harga barang dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Harry Potter - Golden Snitch

,