Infolink

Thursday 20 March 2014

Teori konsumsi



Menurut Keynes dalam Nanga (2001)  menekankan bahwa bagi suatu perekonomian  tingkat pengeluaran konsumsi oleh rumah tangga bervariasi secara langsung dengan tingkat pendapatan dispossible dan rumah tangga tersebut.  Hubungan antara konsumsi dan pendapatan inilah yang dikenal sebagai fungsi konsumsi (Consumtion function). Secara umum dapat ditulis sebagai berikut:
C=a+bYd (a>0, 0<b<1)
Dimana, C dan Yd merupakan peubah yang masing-masing menujukkan besarnya pengeluaran konsumsi otonom (autonomous consumtions) yaitu pengeluaran konsumsi yang tiada bergantung pada tingkat pendapatan, tetapi lebih ditentukan faktor-faktor di luar pendapatan, seperti ekspektasi ekonomi dari konsumen, ketersediaan dan syarat-syarat kredit (availability and credit condition), standard hidup yang diharapkan distribusi umur dan lokasi geografis serta memiliki nilai postif  walupun tingkat pendapatan (Yd) = 0.
Menurut Nanga (2001) Konsumsi terdiri dari barang dan jasa yang dibeli rumah tangga. Konsumsi dibagi menjadi tiga subkelompok: barang tidak tahan lama seperti makanan, barang tahan lama seperti mobil dan jasa seperti berobat ke dokter.  







 
Harry Potter - Golden Snitch

,