Infolink

Monday 17 March 2014

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN


Analisis keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental
1. Analisis teknikal adalah analisis keuangan perusahaan yang dilakukan dengan mengamati harga saham yang berlaku di pasar. Pengamatan dilakukan dengan mengamati tren harga saham. Berdasarkan tren tersebut, analis membuat keputusan apakah akan menjual atau membeli saham perusahaan. Seorang analis teknikal yang sejati mempercayai bahwa kondisi keuangan perusahaan tercermin pada harga saham. 
2. Analisis fundamental merupakan analisis keuangan perusahaan yang didasarkan atas laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Agar informasi yang disajikan dalam laporan keuangan menjadi lebih berarti maka diperlukan berbagai analisis atas laporan keuangan. Beberapa model analisis yang lazim digunakan adalah analisis horisontal, analisis trend, analisis vertikal/common size (analisis pembandingan laporan keuangan), analisisi rasio, analisis penggunaan dan sumber dana, analisis arus kas, analisis kredit. Berikut ini penjelasan singkat tentang analisis-analisis yang terdapat pada analisis fundamental.
a. Analisis horisontal adalah suatu analisis yang membandingkan dua periode laporan keuangan atau lebih. Untuk kepentingan analisis dua atau lebih laporan keuangan disajikan secara komparatif kemudian diselisihkan periode saat ini dengan periode sebelumnya. Dalam laporan ini disajikan kenaikan atau penurunan setiap elemen laporan keuangan yang dinyatakan dalam persen dan atau nilai mata uang tertentu.
b. Analisis trend menunjukkan perubahan data keuangan perusahaan dalam persen untuk beberapa tahun berdasar suatu tahun dasar tertentu. Analisis ini akan lebih bermanfaat untuk menilai perkembangan perusahaan dalam periode yang relatif lebih lama, misalnya lima tahun. Analisis ini diterapkan pada setiap elemen yang ada dalam laporan keuangan.
c. Analisis rasio keuangan merupakan suatu cara yang membuat perbandingan data keuangan perusahaan menjadi lebih berarti. Rasio keuangan menjadi dsar untuk menjawab beberapa pertanyaan penting mengenai kesehatan keuangan perusahaan yang meliputi antara lain: likuiditas, rentabilitas, solvabilitas, kemampuan manajemen mendanai investasinya, hasil yang diperoleh pemegang saham dari investasi yang dilakukan oleh perusahaan.
            Analisis penggunaan sumber dana merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengetahui apaka manajemen dapat menggunakan dana dan memperoleh dana secara efektif dan efisien dan untuk mengetahui apakah perusahaan memiliki modal kerja yang cukup untuk operasi perusahaan. Berdasarkan analisis ini dapat diungkap juga sebab-sebab kelebihan dan kekuarangan modal kerja bagi perusahaan.
Analisis arus kas merupakan salah satu analisis rasio yang didasarkan atas arus kas perusahaan. Hal ini berbeda dengan analisis rasio di atas. Kebanyakan pemakai laporan keuangan mendasarkan perhitungannya pada laba rugi dan neraca. Pemakai harus menyadari bahwa rasio yang diperoleh dari laba rugi dan neraca memiliki kelemahan. Rasio yang didasarkan pada arus kas mempunyai kekuatan tersendiri.
            Analisis kredit perlu dilakukan khususnya bagi kreditor/investor (lembaga keuangan) yang bermaksud memberikan bantuan dana kepada perusahaan yang membutuhkan dana. Tujuannya adalah agar dana yang diberikan pada perusahaan aman dan perusahaan dapat menggunakan dana secara efektif dan efisien dan mempu untuk mengembalikan dana tersebut. Perlu diperhatikan rasio-rasio keuangan dan analisis yang lain seperti syarat kredit, capita budgeting.
            Pembahasan selanjutnya akan mendasarkan pada analisis fundamental. Namun demikian tidak mengesampingkan bahwa pendekatan teknikal tidak penting. Sebagian besar pelaku pasar modal justru melakukan analisis berdasarkan analisis teknikal dengan alasan bahwa informasi-informasi fundamental sudah tercermin pada analisis teknikal ini.
Analisis fundamental adalah analisis yang didasarkan atas laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan. Analisis ini juga disebut analisis kuantitatif. Berdasarkan laporan keuangan tersebut, analis berusaha untuk memprediksi kinerja perusahaan di masa yang akan datang berdasarkan kinerja pada masa lampau. Analis fundamental mempercayai bahwa harga saham terbentuk berdasarkan kinerja perusahaan yang tercermin dalam laporan keuangan. Oleh karena itu, laporan keuangan merupakan hal yang paling penting dalam analisis fundamental.
Periode pembuatan laporan keuangan dapat kuartalan, semesteran ataupun tahunan. Namun demikian, biasanya, pengguna laporan keuangan (pihak ekstern) memperoleh laporan keuangan tahunan.
         Laporan keuangan merupakan “ladang emas” bagi investor yang dapat menginterpretasikan laporan keuangan. Interpretasi laporan keuangan tersebut memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1.    Periode laporan keuangan: kuartalan dan tahun
Laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen juga mencakup hal-hal sebagai berikut:
a.   Ringkasan tahun sebelumnya
b.   Informasi tentang perusahaan secara umum, sejarahnya, product and line of business
c.   Catatan untuk pemegang saham dari manajemen (chief executive officer)
d.   Laporan auditor yang menyatakan bahwa laporan keuangan tersebut akurat
e.  Diskusi yang mendalam berkaitan dengan hasil finansial dan faktor-faktor yang lain dalam bisnis
f.   Laporan keuangan yang terdiri dari laba rugi, neraca dan arus kas
g.  Catatan atas laporan keuangan
h. Informasi lainnya: manajemen perusahaan, officers, offices, new location, etc. 
2.     Diskusi manajemen dan analisis
Analis perlu mengkritisi diskusi dan analisis yang dilakukan oleh manajemen. Analis perlu mencari informasi yang berguna. Untuk itu perlu dipikirkan hal-hal berikut ini:
a.  Apakah komentar manajemen jujur dan akurat? Seberapa jauh?
b.  Apakah manajemen mendiskusikan tren keuangan yang signifikan dua periode yang lampau?
c. Apakah komentar manajemen jelas? Hati-hati dengan penjelasan yang membingungkan dengan menggunakan bahasa yang muluk-muluk dan jargon-jargon tertentu. Apabila manajemen menggunakan ini, mungkin manajemen menyembunyikan sesuatu.
3.    Laporan auditor
Pastikan bahwa laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan sudah diaudit oleh auditor independen. Hal ini penting untuk menjamin kebenaran dan kejujuran manajemen.
4.    Neraca
Pengguna laporan keuangan harus familier dengan istilah asset, kewajiban dan ekuitas. Istilah-istilah tersebut, yang dijumpai di neraca, merupakan komponen dari persamaan dasar akuntansi yaitu :
assets = kewajiban + ekuitas 
Neraca merupakan potret kondisi keuangan perusahan pada saat tertentu.
5.     Laporan laba rugi
Analis jangan terkecoh dengan bottom line. Belum tentu laba bersih yang tinggi menunjukkan kinerja perusahaan yang baik. Analis perlu memperhatikan elemen-elemen lain yang ada pada laba rugi. Lihatlah laporan keuangan dari top line to bottom line.
6.    Laporan arus kas
7.    Catatan atas laporan keuangan
Catatan atas laporan keuangan merupakan bagian integral dari laporan keuangan. Catatan laporan keuangan ini memberikan informasi-informasi yang berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan. Catatan laporan keuangan juga mengungkap metoda akuntansi dan hal-hal lain yang mempengaruhi laporan keuangan.


Harry Potter - Golden Snitch

,