Infolink

Friday 22 February 2013

The great depresion: krisis ekonomi dunia

Great Depresion
  1. Apa itu great depresion:  krisis ekonomi atau yang dikenal juga sebagai zaman malaise dimana terjadi penurunan ekonomi secara drastis diseluruh dunia
  2. Siapa penyebabnya : Pemain saham
  3. Kapan  great depression terjadi : 1929
  4. Dimana: bermula di Wall Street Crash. London-inggris
  5. Mengapa hal itu terjadi :   kepanikan yang berhubungan dengan permintaan irasional terhadap uang tunai  di wall sreet yang disebut sebagai  “preferensi liquiditas”, dimana permintaan ini terjadi disaat bursa saham sedang bergairah, sehingga terjadi “eksodus”besar besaran di bank ke bursa saham. Akhirnya ledakan spekulan tak terhindarkan dan kondisi ini menyebabkan  economic buble.
  6. Bagaimana perkembangan great depresion tersebut di amerika : pada bulan oktober 1929 pasar saham hancur dan 40 persen nilai saham amerika hilang. Pernyataan pernyataan dari para politikus dan industriawan tidak mampu meredakan situasi tersebut. Di tahun 1933 bursa efek new york  nilainya kurang dari seperlima yang pernah tercapai di tahun 1929. banyak pabri pabrik yang tutup dan berimbas pada jumlah pengangguran, hal ini menyebabkan antrian orang oaring yang antri roti disepanjang jalan, hal tersebut juga diperparah  pendapatan pertanian jatuh hingga 50%. Inti masalahnya adalah perbedaan yang besar antara kapasitas produksi dengan kemampuan masyarkat mengkonsumsinya. Penemuan penemuan membuat produksi meningkat tajam dan oaring orang kaya mulai memainkan uang mereka ke bursa saham krena tidak mampu menahan laju perdagangan saham akhirnya struktur spekulasi ambruk. Disisi lain krisis ini dimangfaatkan oleh calon presiden untuk menyampaikan gagasannya dalam penyelsaian masalah ekonomi tersebut. Akhirnya Franklin D. Roosevelt memenangkan pemilu dan mengeluarkan New deal yang mampu membuat Amerika Serikat bangkit dari keterpurukan ekonomi.
Referensi : 
  • ----.2004.Garis besar sejarah amerika,Deplu AS
  • http://www.jku-online.co.cc/kenapa amerika kena krisis ekonomi
  • http://forum.detik.com/ Apa penyebab The Great Depression tahun 1930-an di Amerika Serikat ?
  • http://febasfi.blogspot.com/2012/11/great-depresion-krisis-ekonomi-dunia.html
Harry Potter - Golden Snitch

,